RSS

Cerita Masa Kuliah

15 Jul

Part I hari ini…

Hari ini, ketika buka-buka dokumen dan foto-foto masa kuliah dulu, aku teringat akan pengalaman masa lalu. Ada pengalaman yang menyenangkan tapi tidak sedikit pula pengalaman yang menyedihkan. Hal pertama yang paling aku ingat adalah pada saat mulai masuk kampus. Waktu itu aku merasakan bahwa kampus tempatku menuntut ilmu itu merupakan kampus yang sangat bagus, maklum ndeso. Jadi dengan semangat aku mengikuti tes seleksi dan tes kesehatan agar bisa masuk di sekolah tersebut.

Singkat cerita, akhirnya aku diterima di sekolah tersebut. Hari pertama diisi dengan orientasi pengenalan kampus dan sering juga disebut pelonco. Untungnya pas angkatan saya tidak ada lagi yang namanya pelonco. Kegiatan diisi dengan pengenalan kampus dan program studi. Hari berikutnya diisi dengan sebuah acara yang mungkin itu baru pertama kalinya diadakan di kampus kami. Namanya ESQ Trainning. Ini sejenis trainning psikologi, dimana kita diarahkan untuk menyadari kesalahan kita dan membangun sikap yang lebih baik dimasa mendatang. Alhasil, kami tidak mengalami banyak perubahan karena trainning tersebut.

Hari-hari perkuliahan pun dimulai setelah kami mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). Ada banyak mata pelajaran baru yang aku temui disini. Setelah beberapa minggu aku pun mulai akrab dengan mata pelajaran baru tersebut. Terus terang, aku tidak begitu tertarik dengan pelajaran-pelajaran waktu itu, mungkin karena sejak masa SMP dan SMA dulu aku lebih sering fokus ke mata pelajaran Matematika dan Kimia, dan saat kuliah pelajarannya berbalik 90 derajat. Memang sih masih di ruang lingkup IPA, yahh mendekati biologi-lah. Tapi aku yang tidak begitu suka menghapal mencoba menghubung-hubungkan mata pelajaran yang aku suka dengan mata pelajaran lain, terutama yang baru-baru. Akhirnya aku pun harus belajar lebih keras, karena aku harus belajar menghapal.

Menghapal bukan perkara mudah bagiku, walaupun bagi kebanyakan orang mungkin lebih suka menghapal dari pada hitung-hitungan. Untungnya aku dulu sering membaca tentang cara-cara belajar, jadi itu bisa aku terapkan waktu itu. Aku mencoba belajar dengan mencari hubungan rasional, menggunakan “jembatan keledai”, peta pikiran, dan lain sebagainya (cara-cara yang tidak pernah saya dapatkan di bangku sekolah manapun). Usahaku pun membuahkan hasil yang cukup memuaskan pada semester pertama, lumayan, walaupun IP-ku waktu itu cuma 3,82.

Part II Di semester pertama itu…

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 15, 2012 in Stories

 

Tinggalkan Balasan

 
