RSS

Kuliah di Universitas Terbuka (UT) dengan jurusan Bahasa Inggris Bidang Minat Penerjemah

16 Jul

Berikut adalah beberapa alasan saya ingin kuliah di UT dan mengambil jurusan Bahasa Inggris Bidang Minat Penerjemah:

  1. Saya ingin punya pendidikan sarjana, lantas mengapa tidak melanjutkan ke sarjana keperawatan? Karena biaya dan juga waktu. Biaya kuliah di keperawatan cukup mahal menurut saya, bahkan tidak sebanding dengan gaji perawat. Tapi kelebihan dari ilmu keperawatan adalah aplikasinya di masyarakat. Ilmu keperawatan bisa diterapkan untuk membantu banyak orang di masyarakat. Masalah waktu kuliah; kalau melanjutkan kuliah di keperawatan saya harus berhenti bekerja, dan itu tidak mungkin saya lakukan. Sedangkan kuliah di UT bisa saya lakukan tanpa harus meninggalkan pekerjaan, karena bisa belajar di rumah, walaupun sesekali kadang ada perkuliahan tatap muka.
  2.  Jurusan Bahasa Inggris masih searah dengan pekerjaan saya saat ini. Walaupun saya perawat, tapi saya harus berkomunikasi dengan pasien menggunakan Bahasa Inggris. Jadi hitung-hitung kursus, yah biayanya tidak jauh beda lah. Lagipula kalau saya kuliah saya akan mendapatkan ijazah dan gelar sarjana (kalau lulus).
  3. Saya ingin menambah pengetahuan, wawasan, dan kedewasaan. Saya pernah mengamati seorang teman saya yang lulusan sarjana. Kami bekerja bersama, tapi saya bekerja lebih dulu dari dia. Anehnya saya merasa kemampuan analisa dan manajemennya dia lebih baik dari saya. Saya berkesimpulan bahwa hal tersebut dikarenakan tingkat pendidikan. Kenapa demikian, kuliah S1 itu untuk bisa lulus harus membuat skripsi dan penelitian. Dalam proses tersebut tentu mereka terkondisikan untuk berpikir lebih jeli dan kritis. Misalnya saja dalam analisa data dan pembahasan hasil penelitian, kemampuan berpikir dan analisis akan terasah.
  4. Saya ingin bisa berbahasa Inggris dengan lebih baik, baik dari segi tata bahasa maupun komunikasi lisan dan tulis.

Selain alasan-alasan di atas mungkin masih ada lagi, tapi tidak spesifik.

Apa keuntungan kuliah di UT?

Ada 7 keuntungan yang bisa didapatkan bila kita kuliah di UT, yaitu:

  1. Mendapat ijazah negeri, seperti kuliah di PTN lainnya.
  2. Kualitas UT sudah diakui secara internasional. UT sudah menerima sertifikat kualitas dan akreditasi internasional dari ICDE (International Council for Open and Distance Education) dari UNESCO pada tahun 2010 dan sertifikat ISO (International Organization for Standarization) pada tahun 2006.
  3. Bisa kuliah tanpa harus meninggalkan pekerjaan, karena jam belajar bisa disesuaikan dengan waktu mahasiswa.
  4. Biaya kuliah terjangkau.
  5. Bahan kuliah (modul) yang lengkap, rinci dan sangat mudah dipelajari secara mandiri.
  6. Untuk kuliah-kuliah tertentu disediakan tutorial sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.
  7. Sistem administrasi dan komunikasi yang baik, dimana berbagai informasi (ujian, hasil ujian, kelengkapan administrasi, dll) bisa diakses melalui internet dan HP.

Demikianlah alasan saya ingin kuliah di UT dan beberapa keuntungan kuliah di UT.

 
4 Komentar

Posted by pada Juli 16, 2012 in Stories

 

4 responses to “Kuliah di Universitas Terbuka (UT) dengan jurusan Bahasa Inggris Bidang Minat Penerjemah

  1. ahm

    Agustus 8, 2012 at 2:54 am

    mau nnya,kontribusi nilai tuton kn 30%,klau uas ny dpt 7 trus tuton dpt 7,nilai akhrny gmna dng?

     
    • yannovz

      Agustus 10, 2012 at 11:24 pm

      setau saya sie tinggal kalikan 7 dengan 30% plus 7×70% jadi tetep 7
      njenengan kuliah di UT ya,,..?
      berbagi pengalaman donk…
      thank’s ya udh comment

       
  2. Miasa

    Maret 31, 2013 at 8:43 am

    Unik di Balii alamatnya dm?

     
    • yannovz

      April 10, 2013 at 2:28 pm

      saya lupa nama jalannya secara tepat,, di jalan raya sesetan, kalau tau lapangan pegok,, masuk jalan sebelah utaranya lapangan pegok.

       

Tinggalkan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

